Validitas , Reliabilitas dan Akurasi Alat Tes Equity

 

Keunggulan Analisa Equity berbanding analisa sidik jari maupun psikotes lainnya adalah pada data riset dan pengembangan item analisanya.  Analisa Equity memiliki Psikometri yang jelas dan sesuai dengan ketentuan Alat Tes Psikologi pada umumnya dimana :

 

  • Adanya batasan usia yang jelas pada subyek riset dan ketentuan batasan usia untuk standar validitas analisa fingerprint yang akurat yaitu :
    • dibawah 5 tahun atau anak masih dalam masa kognitif motorik sensorik dan juga pra operasional konkrit dimana karakter bawaan lahiriahnya yang masih akan lebih berperan. Pengambilan data hanya memerlukan pemindaian sidik jari saja.
    • Untuk anak usia diatas 5 tahun sampai dengan 10 tahun maka fingerprint harus ditambahkan kuesioner sehari-hari kepada orang tua atau pengasuh yang memahami pola perilaku anak untuk mendapatkan data yang lebih akurat untuk di analisa.  Dalam tahap ini anak berada pada masa pra operasional.

 

  • Pengambilan data melalui Sidik Jari (Fingerprint) tidak dapat digunakan untuk anak yang memiliki Autistik Spectrum Disorder (ASD) atau sering kita sebut dengan anak berkebutuhan khusus. Namun kita dapat menggunakan observasi kepada anak dan juga orang tua untuk mendapatkan data yang cukup akurat untuk melakukan proses analisa.

 

  • Adanya ketentuan tentang kondisi sosio ekonomi dari data riset yang terkondisikan sehingga secara universal karakter yang di analisa memiliki rentang yang disepakati dalam psikometri psikologi.

 

  • Untuk anak yang sudah dalam masa operasional dan memiliki kematangan mental secara psikologi kita menggunakan alat tes yang berbeda yaitu dengan kuesioner yang di sesuaikan tingkat dan kognitif anak. Kami hanya memberikan 51 pertanyaan pilihan ganda untuk anak kelas 5 – 6 SD (kira-kira usia 11 sampai 12 tahun).

 

  • Sedangkan untuk anak dan dewasa yang sudah memasuki tahap kognitif formal kami berikan 36 kuesioner tersebut bersifat menanyakan perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-harinya sebagai data untuk dianalisa ke server data Riset Equity.  Metode ambil data ini digunakan untuk anak SMP, SMA, SMK, dan juga dapat untuk orang dewasa.

 

  • Akurasi dari Analisa Equity sesuai dengan Sertifikat yag diberikan dari Wereldpsycho Belanda adalah 87.3%. Namun kita telah mengadakan uji Validitas dan Realibillitas di Indonesia dengan pembanding alat tes psikologi yang telah dikenal secara luas secara internasional dan memperoleh nilai Korelasi data 86%, Validitas 85,6% dan mencapai Realibilitas 79% yang digolongkan sebagai standar alat tes yang baik untuk digunakan untuk melakukan tes psikologi.