Perlukah Analisa Karakter ?

Perlukah analisa karakter ?

Benarkah kita butuh analisa karakter ?

Anehkah bila saya mengambil analisa karakter?

Anak saya tidak bermasalah, mengapa butuh analisa karakter ?

Pertanyaan ini seringkali muncul pada diri orang tua dan anak. Rasanya ada sedikit pemikiran yang salah yang sudah berkembang dewasa ini yang seakan menyatakan bila kita membawa anak atau melakukan tes psikologi, maka orang akan beranggapan bahwa kita memiliki masalah ataupun gangguan psikis.

Pada kenyataannya tidaklah demikian. Hal – hal berikut dibawah ini adalah beberapa alasan yang baik mengapa kita butuh analisa psikologi baik untuk anak kita maupun dalam dunia pekerjaan dan karier, antara lain :

  • Banyak orang tua kurang peka terhadap masalah dalam pendidikan dan perkembangan psikologi anak.
  • Banyaknya pilihan pengembangan bakat dan jurusan kuliah di masa kini yang membuat kita bingung dalam menentukan arah.
  • Banyaknya kegagalan dalam menyelesaikan kuliah dan kurang baiknya prestasi belajar karena pemilihan yang kurang sesuai dengan potensi dan minatnya.
  • Dengan mengetahui potensi dan karakter dasar, kita dapat mengefisienkan waktu dan biaya yang terbuang karena faktor coba – coba yang sering kita lakukan.
  • Membantu orang tua dan anak untuk paham kondisi karakter sehingga mengurangi unsur kesalahpahaman juga konflik dalam lingkungan keluarga dan sosial.

Oleh sebab itulah dengan perkembangan jaman, kemajuan teknologi yang semakin cepat di era globalisasi, dan juga biaya hidup dan juga pendidikan yang semakin mahal membuat kita harus lebih cermat menyikapi hal-hal yang perlu kita berikan kepada anak.  Ini dapat dimulai dengan mengerti potensinya dan kemudian mengambil langkah untuk masa depannya.