Manfaat dari Analisa Potensi dan Karakter

 
Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dengan mengetahui dengan jelas karakter dan kondisi mental kita. Bila kita salah memilih dan membuat keputusan yang kurang sesuai atau bertolak belakang dengan kepribadian kita maka hal ini dapat menyebabkan banyak faktor negatif  
yang akan merugikan diri kita sendiri bahkan bisa mempengaruhi kondisi mental dan fisik kita. 

 

 

Misalnya kita memilih jurusan kuliah yang salah maka kita akan merasa tertekan disaat mengerjakan tugas dan menyerap pelajaran yang ada, demikian juga bila kita bekerja pada bidang yang kurang sesuai maka tidak mungkin kita dapat merasakan tekanan berlebih dan rasa kurang nyaman di kantor.  Kondisi ini bisa memburuk dengan faktor ketidak puasan dan beban yang bisa mengakibatkan stress sehingga mungkin mengganggu pikiran dan juga mempengaruhi kondisi fisik dan motivasi kita dalam bekerja.

Equity akan banyak membantu dalam mengatasi semua permasalahan yang mungkin muncul. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari hasil analisa yang disesuaikan dengan usia dan kebutuhan masing-masing pribadi, antara lain :

Apabila data diambil hanya menggunakan sidik jari atau fingerprint saja maka orang tua diharapkan bijak dalam menyikapi hasil analisa karena dengan metode penggolongan (dikotomi) yang diperoleh adalah kecenderungan secara global (universal) dikaji dari data riset. Namun bukan berarti hasil analisa tidak akurat karena Validitas dan Realibilitas dari data pembanding pada riset yang memiliki psikometri yang jelas. 

Kami sarankan untuk mengambil tes sidik jari sedini mungkin untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.  Batasan usia dari pengambilan data menggunakan sidik jari ini adalah 5 tahun.  

Beberapa hal dibawah ini merupakan benefit dari hasil analisa sidik jari :

  • Mengetahui karakter sehingga kita jadi mengerti mengapa mereka bertindak demikian dan dapat memahaminya.
  • Mengetahui potensi bawaan lahiriah dan jika ada potensi dasar yang kurang baik maka kita dapat lebih dini menyikapi dengan memberikan stimulasi sesuai kebutuhan.
  • Mengetahui gaya belajar mereka untuk memberikan kemudahan penyampaian informasi dan penjelasan kepada mereka pada tahap tumbuh kembang.
  • Mengetahui kecenderungan bakat untuk di kembangkan

  

Kami menambahkan kuesioner observasi untuk orang tua / pembimbing untuk anak usia sekolah (TK B keatas) sampai kelas 4 SD (setara usia 10 tahun) yang kemudian di gabungkan dengan sidik jari yang telah diambil untuk mendapatkan karakter aktual dari anak. Metode ini digunakan untuk anak yang masih belum dianggap matag secara mental untuk memberikan jawaban yang konsisten dalam mengisi kuesioner namun di sisi lain juga melibatkan faktor lingkungan untuk mengerti kondisi anak saat sekarang.

Metode terakhir adalah menggunakan kuesioner atau observasi langsung kepada subyek yang di observasi. Data ini diambil pada anak kelas 5 SD sampai dewasa. Dalam hal ini hasil analisa merupakan pengukuran secara psikometri dengan pembanding data populasi random sampling secara global sehingga akurasinya dapat dipertanggung jawabkan dengan ketentuan bahwa data pola perilaku yang diberikan oleh peserta tes ataupun orang tua (untuk observasi) adalah benar dan sesuai dengan kondisi subyek.

Hal – hal dibawah ini merupakan beberapa benefit dari analisa kuesioner dan observasi :

  • Memperoleh gambaran lengkap tentang karakter aktual, sikap dan potensi yang dimiliki oleh peserta tes. Termasuk juga potensi gangguan belajar yang mungkin menyertai karena kekurangan pada potensi dan sikap dalam belajar.
  • Orang tua dapat secara akurat dalam membantu pengambilan keputusan yang terbaik bagi perkembangan putra-putrinya sehingga siswa akan lebih merasa sesuai dan lebih mudah dalam belajar sehingga akan berpengaruh pula terhadap prestasi akademiknya.
  • Hasil report dapat digunakan sebagai dasar pemilihan jurusan pendidikan yang akan diambil. Kesesuaian untuk memilih melanjutkan ke SMA ataupun SMK dengan perminatannya.
  • Membantu siswa untuk menentukan pilihan perkuliahan yang akan diambil agar tidak menjadi masalah dikemudian hari.
  • Membantu siswa siap kerja untuk memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan karakter mereka sehingga mengurangi efek jenuh dan beban dari pekerjaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebagai penunjang kariernya.